PKS dan PDIP Diprediksi Merajai Perolehan Kursi di DPRD KSB



Taliwang (eradelapan.com - 25/4/2019) – Meski proses rekapitulasi suara tingkat kecamatan masih berlangsung, prediksi partai yang akan memperoleh kursi di DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sudah mulai mencuat.

Dari 16 Parpol yang bertarung merebut 25 kursi DPRD KSB, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merajai perolehan kursi. Di mana PDIP diprediksi merebut lima kursi sementara PKS dengan tiga kursi.  Demikian dilaporkan suarantb.com

Berdasarkan data perhitungan yang diperoleh media ini, PDIP merebut dua kursi masing-masing di Daerah Pemilihan (Dapil) I dan II. Sementara di Dapil III terdiri kecamatan Jereweh, Maluk dan Sekongkang, PDIP diperkirakan mendapatkan satu kursi. PKS diprediksi mendapat tiga kursi.

Perhitungan internal partai bersangkutan menempatkan masing-masing satu Calegnya di tiap Dapil.
Untuk partai yang memperoleh dua kursi, diantaranya ada Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Dapil I dan II, Gerindra di Dapil I dan III, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Dapil II dan III, Demokrat di Dapil I dan III, PKPI di Dapil I dan II, PAN di Dapil I dan III, PBB di Dapil I dan II dan terakhir Nasdem di Dapil I dan II.

Sementara, satu-satunya partai yang memperoleh 1 kursi adalah Partai Golkar. Partai berlambang pohon beringin ini hanya mampu mendapatkan kursi di Dapil II (Poto Tano, Seteluk, Brang Rea dan Brang Ene). Perolehan Golkar ini merosot dari Pemilu tahun 2014 lalu yang sebelumnya mampu mengamankan 2 kursi di parlemen KSB melalui Dapil I dan Dapil II.

Meratanya partai memperoleh dua kursi menunjukkan kompetitifnya Caleg masing-masing partai. PDIP diperkirakan akan memenangkan Pemilu Legislatif DPRD KSB dengan meraih lima kursi. Partai berlambang banteng moncong putih ini, sejak tiga Pemilu terakhir di KSB memang mencatatkan tren positif. Pada pemilu 2004 dan 2009, mereka meraih dua kursi dan di Pemilu 2014 merebut tiga kursi. Kini, di Pemilu 2019 PDIP diperkirakan akan menjadi pemenang dengan menyabet lima kursi DPRD KSB.

Untuk PKS sendiri, Pemilu tahun ini mampu kembali menunjukan tajinya. Pasalnya, PKS diperkirakan merebut tiga kursi, sama seperti Pemilu pertama KSB tahun 2004 silam. Partai yang terkenal dengan militansi kadernya ini hampir dipastikan merebut kursi unsur pimpinan di DPRD KSB.

Perolehan kursi PDIP dan PKS itu, memaksa sejumlah partai yang sebelumnya perkasa di Pemilu 2014 kini kehilangan kursi. Seperti PAN, PBB dan Gerindra yang kini hanya mendapatkan dua kursi dari sebelumnya tiga kursi. Bahkan, ketiga partai ini harus rela melepas predikat pemenang Pemilu 2014. Berikutnya ada Partai Hanura yang sepenuhnya kehilangan dua kursinya karena tidak mampu bersaing dengan partai-partai lain.

Selain PDIP dan PKS, ada partai lain yang juga mendulang sukses di Pemilu 2019 ini. Seperti PPP dan Nasdem yang berhasil mendapatkan satu kursi tambahan di Dapil II. Kini kedua partai itu akan mendapatkan dua kursi dari sebelumnya pemilik kursi tunggal hasil Pemilu 2014 lalu. (bug)

Belum ada Komentar untuk "PKS dan PDIP Diprediksi Merajai Perolehan Kursi di DPRD KSB"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel